Friday, December 11, 2015

Anda pecinta alam? 5 tabiat ini akan membuat anda malu perna mengaku pecinta alam

Anda pecinta alam? 5 tabiat  ini akan membuat anda malu perna mengaku pecinta alam

Bicara soal alam, semua yang ada di semesta ini baik benda hidup maupun benda mati adalah alam hingga manusia bertambah pintar dan mampu membuat benda-benda yang dapat mempermuda kehidupan mereka yang tetap mengandung unsur alam, Sampai semakin banya benda-benda yang di buat manusia menggunakan unsur alam menjadi faktor-faktor penyebap terjadinya kerusakan alam. Bisa di bayangkan bagaimana kebaikan alam diruba menjadi mesin untuk merusak alam itu sendiri.. akirnya  timbullah pemikiran-pemikiran dari seglintir orang untuk menjaga dan melestarikan alam. Di Indonesia sendiri orang dengan sifat-sifat mencintai alam tersebar di berbagai tempat,  membuat sebua organisasi dan mengajak orang lain untuk di ajarkan menjadi seorang pecinta alam. Di bumi ini mungkin hanya TARZAN saja yang tidak terlibat dari kerusakan alam itu pun kalau dia benar nyata, intinya semua manusia punya tabiat-tabiat dan kebiasaan yang  dapat merusak alam baik sengaja maupun tidak sengaja. Tapi untuk status PECINTA ALAM  seharusnya mereka menjadi orang yang dapat meminimalisir serusakan alam dengan meninggalkan atau mengurangi tabiat-tabiat yang malah mempercepat kerusakan alam…

berikut adalah 5 tabiat pecinta alam yang malah merusak alam

1.       Merokok
Anda masi merokok? Demi kesehatan lingkungan, berhentilah merokok….
Asal tau saja, tidak hanya asap rokok yang mencemari lingkungan tapi bahan-bahan kimia yang terkandung dalam puntung rokok juga dapat mencemari lingkungan. Tercatat juga lebih dari 4500 kebakaran setiap tahun yang terjadi di seluru dunia yang di sebapkan oleh rokok dan material rokok. Tercatat di new south wales, Australia setiap tahunnya sekitar 100.000 ton polusi udara di hembuskan oleh perokok. Dan racun yang terkandung didalam puntung rokok seperti cadmium, arsenic dan timah yang secara parsial di lepaskan ke udara. Tidak hanya itu ketika puntung rokok dibuan, angin juga hujan membawa punting rokok kesaluran air dan kimia beracun yang di kandungnya kemudian dilarutkan pada ekosistem air dan mengancam kualitas dan kehidupan air.

2.       Penggunaan bahan-bahan yang mengandung deterjen secara berlebihan.
Pada dasarnya sabun, shampo, odol dan pembersi  lain yang sering kita gunakan untuk membersikan diri maupun benda atau perabotan rumah kebanyakan mengandung deterjen. Tapi taukah anda dari berbagai macan bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan, deterjen menjadi salah satu bahan yang bertanggung jawab dari kerusakan alam. Deterjen merupakan sumber potensia bagi bahan pencemaran lingkungan organic. kandungan-kandungan zat yang terkandung di dalam deterjen seperti surfaktan, zeolit, builder, aditif dan banyak lagi sebagian butuh waktu lama untuk bisa terurai sebagiannya lagi mengendap di tanah dan masuk mencemari air.tak ada salah menggunakan bahan-bahan pembersi di atas asalkan kita bisa mengontrol jumla pemakaiannya. Jika dalam sehari anda menggunakan shampo 3 saset bisa di kurangi menjadi 2 saset atau 1saset di bagi 3, begitu juga sabun jika 1 batang sabun biasanya  untuk  7 hari bisa di  buat 10 hari atu bahkan 2 minggu, pokoknya sepintar-pintarnya anda untuk meminimalisir penggunaan bahan-bahan yang mengandung deterjen.

3.       Sampah
Sebagai pecinta alam seharusnya kita tidak perlu lagi membahas tentang sampah bukan.. tapi atas nama lingkungan dan alam kita harus saling memperingatkan. Sampah ibarat kutukan yang tidak akan pernah hilang, sekali sampah itu tercipta bagaimanapun  anda mendaur ulang sampah  itu ketika suda tidak terpakai lagi dia akan kembali lagi sebagai sampah. Yang akan kita bahas yakni sampah anorganik yang membutukan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai seperti Plastic, kaleng dan Styrofoam. Membuat atau mengikuti gerakan pembersihan sampah tentunya akan cukup membantu kita mengatasi masalah sampah, tapi yang terpenting adalah “dari diri kita sendiri mengatasi sampah kita sendiri” dengan cara jangan membuang sampah sembarangan atau meminimalisir penggunaan plastic, kaleng atau Styrofoam.

4.       Menggunakan sumber daya alam secara berlebihan
Apakah salah manusia menggunakan sumber daya alam? Tentu tidak.. tapi bagaimana jika sumber daya alam yang di gunakan sudah berlebihan atau pada hal yang seharusnya tidak perlu di gunakan. seperti tisu, kertas atau prodak-prodak yang terbuat dari alam. Berapa banyak anda gunakan tisu dalam sehari? untuk toilet, untuk membersikan muka atau membersikan kotoran di meja, piring atu benda-benda lain, atau penggunakan kertas ? atau jangan-jangan lebih banyak yang anda buang dari pada yang anda gunakan. surfei mencatat 1 pohon yang sudah dewasa  yang memiliki tinggi 18m dan berdia meter 30cm dapat menghasilkan 80.000 lembar kertas, kalau saja setiap 1 orang di bumi ini menggunakan 1 lembar kertas dalam sehari berarti berapa banyak pohon yang tumbang dalam satu hari???...  kawan, berhematlah menggunakan sumber daya alam sebelum anda sadar sudah tidak ada lagi yang bisa di gunakan

5.       Hanya bisa menikmati sendiri artikel ini dan canggung untuk membagikannya ke orang lain..
Bagikan artikel ini ke siapapun yang bisa anda bagikan, makin banyak yang tau makin banyak yang peduli.

ingat.. !! pecinta alam adalah makhluk yang mencintai alam sebagai ciptaan Tuhan yang maha esa

Sekian artikel dari kami…salam lestari




No comments:

Post a Comment